4 Kegiatan yang Nge-hits selama bulan Ramadhan


73f9e24a4702363379806cb581930e97

Tanpa terasa saat ini kita sudah memasuki awal bulan Ramadhan, beragam persiapan pun sudah banyak dilakukan. Mulai persiapan fisik yang prima, mental bahkan pengeluaran selama bulan Ramadhan,
Bulan Ramadhan selalu memberi kesan, dari sisi suasana ibadah, sajian kuliner, hingga kegiatan rutin Ramadhan yang hampir tidak mau ketinggalan untuk dilakukan, mulai dari sholat tarawih, tadarusan dan menambah amalan Sunnah lainnya.
Namun selain kegiatan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan, diantara kita juga sudah bersiap – siap mengatur kegiatan yang paling nge-hits yang juga dilakukan oleh beberapa kalangan selama bulan Ramadhan.

Kali ini saya hanya mengambil 4 kegiatan yang nge-hits selama bulan Ramadhan. diantaranya adalah ;

7cfaed2f33f7f6b096aae7abb8cac972

1. Ngabuburit

Ngabuburit diambil dari istilah Bahasa Sunda “Burit” yang berarti Sore menjelang malam, istilah ini lahir dari tradisi masyarakat yang sedang berjalan-jalan mencari makanan sebelum berbuka puasa.

2. Pembagian Ta’jil

Kegiatan membagikan ta’jil gratis atau makanan untuk membatalkan puasa ini banyak kita temui terutama dipinggir jalan, kegiatan ini sering dilakukan oleh masjid-masjid, perusahaan, komunitas maupun took-toko dan warung makan yang melakukan kegiatan ini, hal ini dilakukan selama bulan puasa.

1bc0a876fa1d85afbcab7e3b82742d4f

3. Buka Puasa Bersama

Mungkin ini salah satu Agenda Wajib selama bulan Ramadhan yang hamper tidak boleh ketinggalan, moment buka puasa ini memang selalu menjadi moment yang paling pas untuk bersilahturahmi baik dengan keluarga, sahabat ataupun ajang reuni dengan teman – teman semasa sekolah dulu. Maka tidak heran lagi selama bulan Ramadhan menjelang sore, beberapa tempat makan mulai dari warung biasa hingga resto dikelas berbintang pun ramai hal ini dikarenakan adanya acara yang paling dinanti ini.

4. Sahur On The Road

Kegiatan yang satu ini memang sedikit berbeda dan menjadi kotroversi terkait perijinan dalam melaksanakan kegiatan ini, khususnya didaerah perkotaan. Pada dasarnya kegiatan sahur dijalan ini sebenarnya bukan hanya makan sahur bersama- sama dengan teman dijalan, melainkan sebuah kegiatan untuk membagikan makanan sahur untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan saat menjelang sahur tiba. Namun model kegiatan Sahur on the road inilah yang akhirnya menjadi kontroversi dalam proses perijinan, seperti adanya kegiatan Konvoi sambal membagikan makanan, yang dinilai membahayakan dan membuat keramaian. Beda kalua ditentukan disatu titik atau tempat, baru adanya pembagian makanan ditempat yang sudah dituju dan dilanjutkan dengan sahur bersama.

Itulah kegiatan yang nge-hits selama bulan Ramadhan, dari 4 kegiatan ini, menurut teman – teman kegiatan mana yang paling nge-Hits..?, atau ada tambahan dari teman – teman utuk kegiatan lainnya yang juga tidak kalah ngehits dari 4 kegiatan ini, silahkan berikan tanggapannya dikolom komentar yang tersedia ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.