Keindahan Alam Pantai Batu Putih yang disembunyikan.

PANTAI Batu Putih. Itulah namanya

Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan keindahan tiada tara bagi para pengunjung, terutama bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung. Pantai di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alot ini memiliki hamparan pasir putih begitu menawan.

Selain hamparan batu dan pasir putih yang memanjakan mata, desiran ombak dan air lautnya yang jernih menjadi daya pikat bagi para wisatawan. Kini pantai Batu Putih telah menjadi salah satu objek wisata bagi warga Pulau Seribu Moko itu. Saban hari, terutama hari Minggu dan libur, puluhan bahkan ratusan warga memilih Pantai Batu Putih sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu libur.

Hempasan ombak nan merdu dan laut yang jernih di bibir Pantai Batu Putih telah menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun wisatawan asing. Para turis dari berbagai belahan dunia pun menyisihkan waktu untuk melancong ke pantai ini.

Dengan menyewa perahu motor milik warga sekitar Kampung Batu Putih, para turis menghabiskan waktu seharian di tengah laut.

Perjalanan ke Batu Putih dari Kota Kalabahi hanya butuh 30 menit. Pantai indah itu dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Bagi Anda yang tidak memiliki kendaran pribadi, Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan ongkos Rp 20.000 untuk satu kali jalan. Jika menggunakan kendaraan roda empat, Anda hanya merogoh kocek Rp 15.000. Sejauh ini Anda tidak dipungut biaya ketika memasuki objek wisata penuh keindahan ini.

Keindahan panorama Pantai Batu Putih, rupanya belum menjamin pemerintah setempat untuk mengelolanya. Sejauh ini, belum ada anggaran sepeser pun yang dialokasikan untuk menata Pantai Batu Putih. Salah satu cara penataan adalah mencegah warga sekitar untuk tidak mengambil pasir di pantai itu. Meski demikian, Pantai Batu Putih kini telah menjadi wilayah pengembangan pariwisata di Alor.

“Batu putih masuk dalam daya tarik wisata, tapi belum ada anggaran untuk penataan dan pemberian bekal bagi warga sekitarnya untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya.”

Photo by: IG @agushong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s