[Liburankita]Berjalan Kaki Menelusuri Hamparan Laut Luas

ngurtafur2

Maluku merupakan provinsi yang menawarkan banyak sekali keindahan alamnya. Salah satunya adalah Pantai Ngurtafur yang terletak di di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang cukup eksotis. Selain itu, pantai yang satu ini juga mempunyai keistimewaan yang tidak terdapat di pantai yang lainnya yaitu hamparan pasirnya yang berwarna putih dan memanjang sepanjang 2 kilometer dari tepi Pulau Warbal ke arah laut dengan lebar kurang lebih sekitar 7 meter. Dan ketika para penelusur berada di Pantai Ngurtafur ini, maka para penelusur seolah – olah merasa sedang berjalan ditengah lautan luas walaupun sesungguhnya hanya berjalan diatas hamparan pasir putih yang membelah pantai menjadi dua sisi yaitu kanan dan kiri. Tidak hanya itu, air laut di Pantai Ngurtafur ini juga sangat bersih dan berwarna biru.

Di pantai Ngurtafur, para penelusur dapat melihat penyu belimbing atau yang yang lebih dikenal dengan nama “Tabob” oleh masyarakat lokal. Penyu-penyu yang ada disana tergolong langka dan bahkan dilindungi oleh organisasi WWF (World Wide Fund for Nature). Dan jika beruntung, para penelusur juga bisa melihat kawanan burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku.

Jika para penelusur ingin ke Pantai Ngurtafur ini, maka yang pertama kali yang harus dituju adalah Tual. Dan jika para penelusur menggunakan transportasi udara maka para penelusur dapat langsung menuju ke Tual.

Kemudian dari bandara di kota Tual, para penelusur dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Debut. Dan selanjutnya dari Pelabuhan Debut, para penelusur dapat langsung menuju ke Pantai Ngurtafur dengan menyewa kapal motor. Biaya sewa sendiri tergantung negoisasi antara para penelusur dengan pemiliknya. Namun biasanya sih harga sewanya sekitar Rp 750.000 hingga Rp 1.000.000 untuk pulang-pergi (PP) dengan kapasitas kapal dapat mengangkut sebanyak 15 orang dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Dan akses lain yang dapat para penelusur pilih yaitu dengan menggunakan kapal laut langsung dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon. Lama perjalanannya dari Pelabuhan Yos Sudarso menuju ke Pelabuhan Tual sendiri kurang lebih sekitar 19 jam. Dan sebelum menuju Tual, kapal ini akan singgah terlebih dahulu di Pelabuhan Banda Naira. Kemudian setelah tiba di Tual, para penelusur dapat melajutkan perjalanan ke Pantai Ngurtafur menggunakan speed boat selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

123348_ngurtafur1

Di Pantai Ngurtafur yang jernih ini juga dihiasi oleh rimbun dan hijaunya pepohonan. Di pantai ini para penelusur melakukan berbagai kegiatan wisata diantaranya seperti bersantai di pinggir pantai, berenang, menikmati pemandangan sekitar, berjemur, dan juga snorkeling tentunya. Pemandangan bawah laut yang ditawarkan oleh Pantai Ngurtafur sendiri sangatlah indah dan Bahkan terumbu karang di pantai ini dapat dilihat langsung dari atas kapal.

Pantai Ngurtafur ini memang belum banyak dikenal oleh banyak orang. Dan jika para penelusur ingin berkunjung, maka waktu yang terbaik untuk berkunjung yaitu di bulan April hingga Mei dan juga bulan Oktober hingga Desember. Hal ini disebabkan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung lebih tenang.

Processed with VSCO
Processed with VSCO

Jika para penelusur ingin berkunjung ke Pantai Ngurtafur, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Hal ini dikarenakan di Pantai Ngurtafur tidak terdapat warung. Selain itu, para penelusur juga jangan lupa untuk membawa berbagai kebutuhan wisata lainnya seperti baju ganti, obat – obatan pribadi, kacamata hitam, topi, sunblock, kamera, alat snorkeling, dan juga kantong untuk tempat sampah.

Dan jika para penelusur ingin menginap, maka tidak perlu khawatir, karena telah tersedia penginapan di sekitar Pantai Ngurtafur yaitu Homestay Evalin di Pantai Ngurbloat, Ngilngof. Philips homestay di Pantai Ngursamadan, Ohoililir, dan Coaster Cottage di Pantai Ngursamadan, Ohoililir. Jika para penelusur memproritaskan kenyamanan maka Coaster Cottage merupakan pilihan yang paling tepat, karena memiliki bangunan baru dengan pemandangan langsung menghadap ke pantai. Untuk biaya menginap di Coaster Cottage Rp150.000 s.d Rp200.000/malam (harga bisa berubah sewaktu – waktu).

Selamat menikmati Weekend anda kawan…

Sumber : telusurindonesia.com

Foto by : Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s