Penghargaan Liberaturpreis 2016 Diraih Penulis Perempuan Asal Indonesia

Laksmi Pamuntjak, penulis perempuan Indonesia, menjadi sorotan dunia sastra internasional, khususnya Jerman, setelah novelnya “Amba” yang berlatar belakang peristiwa G-30-S/PKI diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman dengan judul “Alle Farben Rot”.

image

Penghargaan Liberaturpreis 2016 dari Lembaga Litprom Jerman akhirnya jatuh ke tangan penulis Indonesia, Laksmi Pamuntjak. Bulan Juni 2016 akan terbit Manusia Harimau (Tigerman) oleh Eka Kurniawan dengan penerbit Ostasien.

Tahun lalu, “Amba” berhasil menorehkan sejarah dengan mendapatkan predikat pertama di daftar sastra Weltemfaenger sebagai karya internasional terbaik paruh tahun kedua yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman.

Selain itu, Laksmi pun mengucapkan terima kasih kepada penerjemahnya, Martina Heinschke. “Di tangannya, novel ini menjadi hidup. Semoga dunia semakin akrab dengan Indonesia dan kemajukan kita yang luar biasa. Semoga kita semakin berani melawan suara-suara miring mereka yang merasa berhak menguasai sejarah. Serta semakin arif dalam menyikapi apa yang tidak pernah hitam atau putih dalam sejarah manusia,” tandas Laksmi.

image
Penulis Novel Amba

Sejauh ini, Laksmi telah memimpin perolehan suara dengan angka 45,7 %. Disusul oleh penulis asal Tunisia, Najet Adouani yang hanya meraih presentasi suara 0,39 %. Voting bisa cek di situs ini:

http://litprom.de/geschlossener-bereich/umfragen/liberaturpreis-2016.html

Malam penghargaan The Liberaturpreis Jerman akan diselenggarakan pada 22 Oktober 2016 mendatang di ajang Frankfurt Book Fair di Weltempfang. Versi bahasa Inggris ‘Amba’ dengan judul “The Question of Red” akan terbit di Amerika Serikat pada 12 Juli nanti.

Semoga Liberaturpreis menjadi lokomotif kebangkitan literatur Indonesia di dunia.”

Sumber:  antaranews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s