Genta Nada Unik Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Bila mendengar istilah genta nada (Windchime) mungkin Anda akan bingung dan bertanya-tanya apa itu genta nada. Tapi, kalau Anda melihat lonceng yang berbunyi gemerincing saat diterpa angin di banyak teras rumah, Anda akan langsung familiar dengan benda tersebut.

image

Kita boleh berbangga hati, karena seorang seniman betawi sudah berhasil menciptakan genta nada yang unik dan akhirnya mendunia.karena genta nada yang dia ciptakan sangat unik.
Keunikan dari genta nada buatannya itu bisa mengeluarkan nada-nada lagu daerah.

Dia adalah Abdul Madjid Gangga, warga Cinangka, Sawangan. Beliau ini sudah merintis usaha genta nada sejak 7 tahun yang lalu.

Pria yang akrab dipanggil “Babeh” ini menuturkan dengan penuh humor seluk beluk usahanya. Babeh awalnya menekuni kerajinan ini karena kejenuhannya yang sudah belasan tahun bergelut mereparasi dan tuning (stem) piano.

image

Dari pengalaman yang ia dapat, ia mulai menciptakan suatu nada yang ringan dan mudah. Ia pun mencoba dengan sebuah tabung almunium yang ia potong dan ia atur nadanya hingga A440 Hz. Genta Nada yang ia temukan ini mempunyai ciri khas yang berbeda, karena bisa mengeluarkan nada etnis Batak, Padang, Betawi, Jawa, Sunda, Bali, Melayu, Cina, dan Jepang. Tentunya, sesuai dengan pesanan pelanggan.

Harga genta nada pun bervariasi. “Untuk 6 batang genta nada, harganya 350 ribu. Sedangkan untuk yang berjumlah 9 platinum harganya 600 ribu. Untuk yang berwarna harganya 750 ribu, yang mahal itu harganya 5 juta terdiri dari 26 batang almunium berukuran 1,5 meter,” jelas Babeh.

image

Babeh juga menuturkan, ia berencana untuk membuat genta nada yang lebih besar. Yaitu, terdiri dari 50 batang alumunium. Berkat kreativitasnya, genta nada Babeh sudah menembus pasar internasional, seperti Kanada, Belanda, Afrika, hingga Amerika Serikat. Kebanyakan dari konsumennya membeli untuk menjualnya kembali di negara mereka, adapula yang membelinya sebagi hiasan dekor rumah.

Prestasi dan kegigihannya telah membuat Babeh memperoleh berbagai apresiasi. Salah satunya babeh mendapatkan penghargaan dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yaitu; Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Untuk itu mari, kita dukung terus industri kerajinan dalam negeri, terutama dari kawasan kita! 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s