Arti Simbol pada tanda “Power”

Hampir semua peralatan elektronik mempunyai simbol lingkaran kecil dan garis vertikal di tengah seperti di gambar . Sebut saja misalnya pada televisi, komputer, dan laptop. Bahkan pada barang yang selalu kita bawa ke mana-mana yaitu ponsel.

image

Setiap menghidupkan dan mematikan ponsel, TV, Laptop, microwave, mesin cuci, atau alat elektronik lainnya, Anda pasti melihat simbol ini pada tombol power.

Lantas apa arti dari simbol tersebut? Apakah ada alasan tertentu di balik desain simbol ini? Bagaimana asal-muasalnya?

Mari kita perhatikan sama- sama simbol tersebut terbentuk dari lingkaran dan garis vertikal di tengahnya. Tetapi jika dilihat lebih jauh lagi, simbol itu seperti angka 1 dan 0.

Sejarah simbol ini bermula dari Perang Dunia II ketika para insinyur menggunakan sistem binari untuk memberi label pada tombol power. Di dalam dunia sistem binari, akan 1 berarti hidup dan angka 0 berarti mati.

Akhirnya pada tahun 1973, label itu distandardisasi oleh International Electrotechnical Commission (IEC) sebagai simbol untuk tombol menyalakan dan mematikan peralatan elektronik.

image

Simbol tombol power ini memiliki beberapa variasi. Ada yang lingkaran dan garis vertikalnya terpisah sehingga menjadi tombol I dan O. Sementara yang lainnya dijadikan satu seperti tombol power pada umumnya.

(Ism, Sumber: wittyfeed.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s