Kota – Kota Di Indonesia yang Mendapatkan Julukan Van Andalas

Londen Van Andalas
Agra Van Andalas
Maldiven Van Andalas
Sydney Van Andalas
Egypte Van Andalas
Parijs Van Andalas
Ada 6 kota di Indonesia yang mendapatkan Julukan Van Andalas, bicara Andalas tentunya 6 Kota yang mendapatkan julukan ini ada di Sumatera, kota mana sajakah yang mendapatkan julukan tersebut..?

1. Londen Van Andalas

image

London dalam bahasa Belanda disebut Londen.
Kota Bukittinggi terdapat Jam Gadang, Jam tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam (Belanda) melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London (Inggris). Mesin jam dan permukaan jam terletak pada satu tingkat di bawah tingkat paling atas. Pada bagian lonceng tertera pabrik pembuat jam yaitu Vortmann Relinghausen. Vortman adalah nama belakang pembuat jam, Benhard Vortmann, sedangkan Recklinghausen adalah nama kota di Jerman yang merupakan tempat diproduksinya mesin jam pada tahun 1892. Belanda menyebut kota Bukittinggi sebagai Londen van Andalas yang artinya Londonnya Sumatera, dikarenakan mesin jam tersebut sama dengan mesin jam Big Ben yang berada di London.

2. Agra Van Andalas

image

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di Agra (India) ini terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

3. Maldiven Van Andalas

image

Maldives dalam bahasa Belanda disebut Maldiven. Pulau Belitung memang pas disematkan julukan Maldiven van Andalas atau Maladewa-nya Sumatera. Selain pantai, Pulau Lengkuas adalah bukti lain dari julukan itu, Surga!

4. Sydney Van Andalas

image

Kabupaten Lampung Selatan terdapat Menara Siger yang bentuknya hampir menyerupai Opera House Sydney (Australia). Menara Siger sebagai ikon kebanggaan masyarakat Lampung memang tidak bisa di angap enteng, hal ini di sebabkan hingga saat ini Provinsi yang menjadi pintu gerbang Pulau Sumatra dan Jawa ini baru memiliki ikon kebanggaan yang berskala nasional. Siger adalah topi adat pengantin wanita Lampung. Menara Siger berupa bangunan berbentuk mahkota terdiri dari sembilan rangkaian yang melambangkan sembilan macam bahasa di Lampung. Menara Siger berwarna kuning dan merah, mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita. Bangunan ini juga berhiaskan ukiran corak kain tapis khas Lampung.

5. Egypte Van Andalas

image

Mesir dalam bahasa Belanda disebut Egypte. Penulis Belanda menyebut kota Padang Panjang sebagai Egypte van Andalas yang artinya Mesirnya pulau Sumatera.

6. Parijs Van Andalas

image

Paris dalam bahasa Belanda disebut Parijs. Medan pernah dijuluki sebagai Parijs Van Andalas (Paris Van Sumatera) di zaman penjajahan Belanda yang mengadopsi gaya Eropa dengan mempergunakan model quarter system beserta aturan-aturannya.

Iklan

2 thoughts on “Kota – Kota Di Indonesia yang Mendapatkan Julukan Van Andalas

  1. astiitah.as says:

    Waahah, aku baru tau mas kalo Sumatera itu ternyataa sekeren ini yaak. Sejarahnya sampe segitunyaa, padahal cuma berkaitan dengan ‘sejarah pemberian nama’ kota hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s