Tim Nusantara Sehat siap melayani 130 Daerah Terpencil Di Indonesia

“Kesehatan merupakan investasi dalam pembangunan nasional. Pada Program Indonesia Sehat terdapat 3 pilar, yaitu mewujudkan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatan.”

image

KEMENTERIAN Kesehatan RI bersiap kembali mengirim tenaga medis atau disebut Tim Nusantara Sehat ke berbagai penjuru pelosok Tanah Air. Hal ini setelah Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung suseno Sutarjo, M. Kes, bersama 20 Bupati dan 7 perwakilan dari 27 kabupaten di 16 provinsi, menandatangani MoU mengenai penempatan Tim Nusantara Sehat tahun 2016.

Tim Nusantara Sehat adalah tenaga profesional berlatar belakang kesehatan (dokter, perawat, bidan, laboratorium medik, dan tenaga medis lainnya) yang bersedia mengabadikan diri untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan.

Rencananya pada tahun 2016 ini, tim Nusantara Sehat akan ditempatkan di 130 tempat terpencil. Tim tersebut akan diberangkatkan pada akhir Mei 2016 yang terdiri dari 194 tenaga medis. Tim ini tersebar di khusus di wilayah perbatasan dengan akses yang sulit dijangkau, terutama daerah minim alses transportasi dan komunikasi.

Sebelumnya, pada tahun 2015 silam, Kemenkes telah menempatkan 143 tenaga medis pada tahap I dan 553 tenaga medis pada tahap II. Harapan Kemenkes atas penyebaran tim ini agar dapat membantu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Sumber: Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s