Indonesia Menjadi “Tuan Rumah” 56 Negara Anggota Islamic Development Bank (IDB) ke-41

“Pertemuan tahunan IDB akan dihadiri oleh 56 negara anggota IDB dan sekitar lebih dari 2.700 partisipan,”  Pertemuan yang berlangsung selama empat hari tersebut akan dihadiri oleh ribuan peserta dari 56 negara anggota IDB.

image

Pertemuan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta tanggal 15-19 Mei 2016. Tema yang diangkat adalah terkait dengan penguatan pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur dan inklusi keuangan.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan memimpin pertemuan tahunan. Enam topik besar yang dibahas adalah koordinasi dan kerja sama teknis untuk pembangunan antar negara anggota, ketahanan ekonomi, kemajuan investasi syariah, pengentasan kemiskinan dan pendanaan infrastruktur.

Selain itu,  ada 29 agenda seperti seminar dan diskusi untuk membahas beragam topik. Di antaranya krisis air, pemanfaatan teknologi, transportasi ramah lingkungan hingga perempuan dalam sistem keuangan.

“Pertemuan ini memang difokuskan pada ekonomi syariah. Jadi forum menjadi sangat bermanfaat di mana saat ini pernanganan ekonomi syariah relatif terbatas 5% dari keseluruhan. Kita ingin lebih besar dalam peningkatan kapasitasnya.”

Ibrahim Shoukry, Perwakilan IDB Jakarta juga menyampaikan bahwa kerjasama dengan Indonesia sangat baik. Indonesia berperan membangun IDB pada 1970an. Tercatat pendanaan sudah mencapai US$ 4,2 miliar.

“Hingga saat ini operasi IDB di Indonesia sudah US$ 4,2 miliar untuk sektor private,” terang Ibrahim.

Kerjasama lainnya, juga terjadi untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan pendidikan dan termasuk komunitas di tempat terpencil serta pengentasan kemiskinan.

“Kami juga kerjasama dengan Indonesia untuk agenda dalam pembangunan lima tahun ke depan.”

Sumber: Staff Ahli Kementerian Keuangan [PressConference]

Foto: Detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s