Lembah Echo, Harau (SumBar) Menghasilkan Gema sempurna didunia

Lembah Harau terletak di Kabupaten Lima Puluh Koto, 15 km dari Kotamadya Payakumbuh, atau 47 km di Timur Laut kota Bukittinggi. Lembah Harau sering dijuluki sebagai “hidden paradise of West Sumatera”. Ungkapan itu tidak mengada-ada, karena Lembah Harau memiliki pemandangan alam yang sangat indah, seperti surga yang tersembunyi dari keramaian.

SAM_4478.jpg

Saat memasuki gerbang wilayah Lembah Harau, kami disambut oleh hamparan sawah. Setelah hamparan sawah habis, kami mulai memasuki wilayah yang diapit tebing-tebing granit yang sangat tinggi (ketinggiannya diperkirakan antara 80-300 meter) serta terjal, di mana kemiringannya hampir 90° dari permukaan tanah. Diameter jurang atau lembah yang dibentuk oleh tebing-tebing tersebut mencapai 400 meter. Wow, sebuah pemandangan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh kami, seolah kami dibawa ke bagian lain dari dunia ini.

SAM_4506.jpg

Berjalan di antara tebing-tebing Lembah Harau ini membuat suasana di dalamnya menjadi seperti dalam sebuah benteng. Kondisi vegetasi yang rimbun, indah dan alami ini membuat udara di sekitar Lembah Harau masih segar. Lembah ini juga makin memikat dengan tujuh air terjun atau sarasah yang mengalir deras. Air Terjun di Lembah Harau ini sangat jernih dan dingin, dan curahan airnya tampak seperti tirai sutra tipis. Di waktu musim hujan, air yang  mengalir bertambah deras, dan titik-titik airnya dapat mencapai ke jalan. Daerah wisata di Lembah Harau ini terbagi menjadi 2, yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun hanya terdapat 1 air terjun. Jika beruntung, anda bisa melihat pelangi di cucuran air terjun.

SAM_4487.jpg

Salah satu tempat unik yang ada di kawasan Lembah Harau adalah Lembah Echo atau Lembah Gema. Di lembah ini terdapat sebuah titik di mana jika kita berteriak dari sana, maka akan menghasilkan gema sempurna sebanyak 7 kali. Konon satu-satunya tempat di dunia yang menghasilkan echo sempurna seperti ini hanya ada di Lembah Harau.

SAM_4482.jpg

Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan tempat ini lebih lama, tersedia fasilitas perkemahan dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Bagi mereka yang hanya ingin berhenti sejenak dan perlu mengisi perut, di depan air terjun terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Jangan terkejut ketika anda memesan kopi dan kopinya tidak habis-habis, karena jarak antara warung kopi dan air terjun yang sangat dekat, sangat mungkin kopi anda akan kemasukan air cucuran dari air terjun.

SAM_4483.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s