8 (Delapan) Rahasia Sukses Orang Minang dalam Berdagang

Salah satu dari budaya orang Minangkabau yang masih eksis hingga sekarang adalah merantau.Orang Minang sudah dikenal sebagai perantau ulung dari dahulunya. Kebanyakan dari mereka yang merantau meninggalkan kampung halaman melakoni profesi sebagai pedagang.

PDIKM_Padangpanjang

Meskipun ada yang merantau untuk profesi lain, mereka sudah terlanjur identik dengan julukan sebagai pedagang ulung. Lihatlah, hampir di seluruh penjuru nusantara, kita akan menemukan restoran yang menjual masakan Padang yang terkenal dengan kelezatannya. Selain menjual masakan, orang Minang juga aktif berjualan pakaian dan perabotan hingga komoditas barang lain yang mempunyai nilai jual.

Kali ini kita akan membahas mengenai 8 rahasia sukses orang Minang dalam berdagang, mari disimak.

1. Kepercayaan pembeli adalah yang paling utama.

Hal pertama yang dilakukan oleh pedagang berdarah Minang adalah membentuk kepercayaan pembeli terhadapnya. Kepercayaan pembeli adalah kunci untuk membuka gerbang kesuksesan dalam berdagang. Cara membangun kepercayaan pembeli adalah dengan berbincang-bincang yang baik, memberikan pelayanan dengan prima dan bersabar mendengar celoteh para calon pembeli.

2. Membangun relasi yang luas dan hubungan yang baik

Agar bisa sukses dalam berdagang, orang Minang harus senantiasa memperluas jaringan atau relasi. Cara memperbanyak relasi bisa seperti mengikuti pameran hingga menjaga hubungan baik dengan pembeli. Adalah wajib bagi pedagang Minang untuk mengingat nama setiap pelanggannya, hal kecil yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap mereka dan membuat pelanggan betah untuk kembali lagi.

3. Insting bersaing yang tinggi

Rahasia sukses orang Minang dalam berdagang selanjutnya adalah dengan senantiasa menganggap pengusaha lain sebagai pesaing. Naluri atau insting bersaing akan mendorong mereka untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan mencari celah untuk bisa lebih unggul dari para pesaing tersebut. Sehingga dengan demikian, eksistensi dan reputasi bisa dipertahankan.

4. Berbisnis sesuai dengan keinginan hati atau kegemaran

Agar bisnis atau perdagangan bisa bertahan lama, bisnis yang dijalani harus sesuai dengan hati dan/atau kegemaran. Ketika bisnis yang dijalani tersebut pas maka berbisnis akan menyenangkan dan pekerjaan bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh.

5. Tidak gentar meskipun dihempas badai dan gelombang

Satu hal lain yang patut dipuji dari pedagang Minang adalah ketidakgentaran mereka ketika perdagangan mengalami kemerosotan. Ketika bisnis dihantam badai dan gelombang tidak mudah untuk berputus-asa sebelum menimbang-nimbang betul penyebab dan prospek yang masih memungkinkan.

6. Kritik dari konsumen adalah suplemen

Tidak akan sukses orang Minang dalam berdagang kalau mudah ciut ketika menghadapi banyak kritik dari pelanggan. Kritik adalah suplemen untuk memperbaiki pelayanan dengan lebih baik lagi. Selain itu, ketika mendapatkan pujian pun tidak boleh cepat merasa puas, syukuri pujian itu dan tingkatkan pelayanan jauh lebih baik lagi demi menjaga kepercayaan konsumen.

7. Menjaga dengan sebaik-baiknya kepercayaan yang telah didapat

Ketika pedagang Minang sudah mencapai kesuksesan yang diperjuangkan, perlu untuk menjaga sebaik mungkin kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan pelanggan adalah aset yang sangat penting dalam perdagangan. Sebab, ketika pelanggan sudah percaya maka mereka akan dengan senang hati merekomendasikan toko/pengusaha Minang yang sering dikunjunginya pada orang lain.

8. Hemat pangkal kaya, bukan pelit pangkal kaya

Orang Minang itu pelit, itulah anggapan yang sering beredar di tengah masyarakat lainnya. Sebenarnya kata yang tepat bukan pelit melainkan hemat. Dalam perdagangan, untung dari hasil berdagang akan disimpan baik-baik dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Uang keluar akan benar-benar dihitung hingga ke satuan terkecil pun, sebab begitulah manajemen keuangan yang baik. Simpanan uang akan digunakan suatu saat ketika darurat atau hal-hal yang tidak terduga. Bukan pelit tapi hemat, hemat pangkal kaya.

5560fd820423bdc5438b4567

8 Rahasia sukses orang Minang dalam berdagang sejatinya adalah kiat-kiat umum yang harus dilakukan oleh pedagang manapun agar bisa sukses.

Permasalahannya bukan apa rahasianya, melainkan seberapa kuat dan konsisten si pedagang memegang kiat-kiat tersebut dalam berdagang.

Nah, setelah tahu rahasia-rahasia dagang di atas, kamu sendiri pasti juga bisa menerapkannya dalam menjalankan usahamu.

Sumber : Sumbar.co

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s