2 (dua) Lagu Tradisional Indonesia yang dikenal Dunia

Indonesia adalah negara yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

image

Adat istiadat, bahasa, kebudayaan hingga makanan dari masing-masing daerah memiliki perbedaan. Dan ini membuktikan kepada kita semua bahwa negara kita ini sangatlah kaya. Oleh sebab itu, kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya bangga akan hal tersebut.

Dari semua ciri khas Indonesia tersebut ada di antarnya beberapa hal yang justru tidak hanya diakui atau disukai oleh negara kita sendiri, melainkan oleh negara luar juga. Salah satu hal yang mendunia dari Indonesia yaitu kebudayaannya.

Bahkan karena kaya dan beragamnya budaya indonesia, ada diantaranya yang justru mencurinya. Seperti halnya kasus-kasus terdahulu.

Selain tarian dan hasil karya, salah satu hal yang sama mendunia yaitu lagu tradisional Indonesia itu sendiri.

Dimana dengan mendunianya lagu-lagu tradisional Indonesia maka mampu menunjukan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia memiliki anak bangsa yang berkualitas dan kemampuan musikalitas Indonesia ternyata tidak kalah dengan musisi-musisi dunia.

Meskipun terkadang lagu-lagu tersebut dimodifikasi tetapi dengan mendengar nadanya kita pasti tahu bahwa lagu tersebut merupakan lagu kita sendiri.

Namun ada juga diantaranya beberapa musisi dunia yang justru menyanyikannya dengan bahasa Indonesia itu sendiri. Lagu tradisional Indonesia yang mendunia tersebut di antaranya yaitu lagu Bengawan Solo dan Nina Bobo.
image

Pada saat lagu keroncong bukanlah musik yang populer di masyarakat Indonesia tetapi justru lagu Bengawan Solo terkenal oleh masyarakan luas dari berbagai negara. Lagu yang dicipatakan oleh sang legendaris Maestro Keroncong Gesang pada tahun 1940 ini telah dialih ke versi bahasa inggris, dimana lagu tersebut dibawakan oleh Mona Fong, penyanyi kelahiran China.
image

Bahkan lagu ini juga pernah muncul dalam sebuah film yang berjudul In The Mood For Love, hasil karya dari Woong Kar-wai pada tahun 2000 silam. Tidak hanya itu, lagu yang menceritakan sebuah sungai yang berada di Solo ini juga pernah dinyanyikan oleh penyanyi jazz yang berasal dari Jepang keturunan Brazil, Lisa Ono.

Lagu yang diciptakan dalam kurun waktu 6 bulan ini telah diterjemahkan keberbagai bahasa dan setidaknya ada 13 bahasa. Atas karyanya yang mendunia ini, Gesang sang pencipta tetap berhak atas royalti dari lagu Bengawan Solo.

Sama halnya dengan lagu Bengawan Solo, lagu Nina Bobo pun banyak disukai oleh warga seluruh dunia. Lagu yang biasanya dinyanyikan oleh seorang ibu untuk anaknya yang hendak tidur ini ternyata pernah dinyanyikan oleh penyanyi asing seperti Wieteke van Dort, Li Xiao Mei, Anneke Gronloh dan yang terbaru dinyanyikan oleh Gerrit Ellen dan Claudia Patacca dalam sebuah orkestra di Belanda. Dan yang lebih menariknya yaitu dimana lagu ini dinyanyikan sama dengan lirik aslinya. Tetapi sayangnya lagu yang bercitrakan irama keroncong ini tidak diketahui siapa penciptanya.

Namun meskipun begitu kita tetap harus bangga karena dengan mendunianya lagu-lagu tersebut maka nama Indonesia semakin dikenal di kancah Internasional. Dan semoga kita semua sebagai generasi penerus bisa tetap menjaga kelestarian budaya Indonesia dan tidak malu untuk memperkenalkan budaya Indonesia agar kasus-kasus yang sudah terjadi sebelumnya dimana hak cipta dari kebudayaan Indonesia di ambil oleh negera lain tidak terulang kembali. Nah, untuk membuktikan bahwa kedua lagu tersebut disukai oleh masyarakat dunia anda bisa melihat video di bawah ini. Dimana video di bawah ini dinyanyikan oleh orang-orang asing.

https://youtu.be/bfRDtvnv9bg

https://youtu.be/VQAg_oXuXt0

Sungguh membanggakan sekali. Bagikan informasi ini kepada orang terdekat anda agar mereka juga bisa mengetahuinya.

a Good People Is a Good News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s