Surga Tersembunyi di tanah Pujon, Kabupaten Malang

Surga tersembunyi di tanah Pujon. Air terjun sumber pitu/grojogan pitu begitu indah tercipta bagai tetesan air surga.

image

Kabupaten Malang memiliki beberapa air terjun yang sudah banyak dikenal dan salah satunya adalah Coban Rondo. Tapi ada satu air terjun yang masih tersembunyi dan jarang orang tahu akan air terjun yang satu ini, yakni Sumber Tujuh. Dinamakan Sumber Tujuh karena memang terdapat 7 sumber air yang mengalir dalam satu tempat yang indah itu.

Coban/ air terjun Sumber Tujuh terletak di dusun Tulungrejo, kecamatan Pujon Kidul, kabupaten Malang. Air terjun ini belum dibuka untuk umum karena letaknya yang berada di daerah perhutani. Sehingga masih belum dikenal oleh masyarakat luas. Hanya masyarakat sekitar saja yang tahu akan air terjun ini. Air Terjun Sumber Tujuh ini masih alami dan tersembunyi di tengah hutan. Masyarakat Pujon Kidul biasa menyebutnya dengan Coban Sumber Pitu yang berarti air terjun dengan tujuh sumber.

Namun, pengunjung yang ingin menikmati Coban Sumber Pitu harus bersusah payah untuk masuk kawasan ini. Karena, kompleks coban itu tersembunyi di balik rerimbunan hutan belantara. Medannya terhitung cukup berat untuk dilalui. Jalan untuk menuju air terjun ini bisa ditempuh dari arah kota Malang menuju ke kota Batu. Sesampai di Batu, ikuti arah petunjuk ke Pujon. Kemudian ikuti jalan sampai pertigaan patung sapi dan lurus saja sampai perempatan kecil belok kiri masuk ke jalan Arjuno. Setelah itu pengunjung harus melanjutkan sampai desa Tulungrejo. Perjalanan tidak berhenti sampai di sini. Pengunjung harus menempuh kembali perjalanan yang panjang.

Tanda jika lokasi Coban Sumber Pitu sudah dekat adalah adanya suara bunyi air yang cukup deras, udara dingin, lembab dan tumbuhan di sekitar terlihat basah. Setelah itu pengunjung akan disambut dengan air terjun yang cukup besar. Jalur terakhir untuk menuju ke Coban Sumber Pitu harus melewati medan yang cukup berat yaitu memanjat tebing dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Kondisi tebing ditumbuhi dengan tanaman-tanaman merambat.

Pengunjung dihimbau tidak berkunjung pada waktu musim penghujan, karena medannya terlalu berbahaya dan kontur tanahnya yang gembur serta licin.

#VisitIndonesia #WonderfullIndonesia #WisataDalamNegeri #WisataAlam

a Good People Is a Good News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s