4(Empat) Persamaan dan Perbedaan antara Keyakinan dan Kepercayaan.

Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran.
image

Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar — atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru.

Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar.

Dua kata tentang Kepercayaan dan Keyakinan ini sering dianggap bermakna sama. Ketika kita bertanya tentang apa kepercayaan anda ? orang berfikir sama yang dimaksud dengan keyakinannya.

Apakah benar …, dua kata ini mempunyai makna yang sama atau berbeda ? Kalau memang sama dimana letak persamaannya, dan jika beda dimana pula letak perbedaannya.

Sebagai Ilustrasi, saya pernah mendengar cerita dari seorang teman, bahwa sebuah rumah makan yang terletak di jalan tertentu pada suatau tempat terkenal makananya enak dan harganya murah, dengan tempat yang nyaman. Sejak mendengar cerita dari teman saya tentang rumah makan itu saya Percaya bahwa rumah makan itu memang terkenal enak.

Mengapa saya percaya..?

Karena pada saat temen saya cerita, temen saya memang terlihat sangat semangat dengan wajah yang berbinar, terlihat dari nada bicaranya yang mantap. Oleh karena itu saya percaya. Saya semakin tambah percaya ketika yang menceritakan rumah makan tersebut lebih dari 5 orang. Namun saya belum Yakin. Mengapa tidak yakin…..? karena saya belum membuktikan langsung makan di rumah makan tersebut. Sekali saya merasakan makan di rumah makan tersebut saya merasa yakin, memang bener enak seperti yang diceritakan oleh temen saya maupun orang yang pernah datang untuk makan dirumah makan tersebut.

Begitu seterusnya akhirnya saya menjadi ketagihan makan dirumah makan tersebut karena masakan yang disajikan tidak pernah mengecewakan sehingga kita menjadi tambah yakin.

Dari cerita diatas dapat disimpulkan beberapa perbedaan dan persamaannya sebagai berikut.

1. Ruang lingkup Kepercayaan dan Keyakinan.

Wilayah Kepercayaan hanya ada dalam hati dan ucapan, namun ketika berubah menjadi keyakinan setelah ada dihati, mengucapkan percaya dan membuktikan dalam berbuat yaitu makan langsung di tempat makan tersebut.

2. Proses Pembentukan Kepercayaan dan Keyakinan.

Kita dapat percaya terhadap sesuatu setelah ada beberapa i keterangan yang tidak diragukan yang diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam contoh cerita ini kita percaya setelah ada informasi yang cukup jelas dari teman yang memberi keterangan tentang rumah makan tersebut. Kepercayaan menjadi bertambah ketika keterangan yang diperoleh semakin bertambah dan lengkap. Keterangan bentuknya menjadi berubah menjadi keyakinan ketika membuktikan langsung dengan makan di rumah makan tersebut.

3. Jangka waktu Kepercayaan dan Keyakinan

Untuk dapat percaya cukup memerlukan waktu yang singkat asal yang menjelaskan obyek tersebut dengan keterangan yang cukup. Dan untuk mendapatkan keyakinan butuh waktu yang lama, karena sekali bukti tidak dapat menjamin orang menjadi yakin. Menjadi yakin butuh waktu kama karena harus membuktikan berkali-kali dalam waktu yang lebih lama.

4. Sifat Kepercayaan dan Keyakinan

Kepercayaan biasanya sifatnya hanya sementara, merupakan rangkaian proses yang apa bila proses tersebut dapat dibuktikan maka Kepercayaan akan burubah menjadi Keyakinan. Sehingga sesuatu yang sudah menyakinkan cenderung bersifat abadi, dan bisanya sudah mencintai.

a Good People Is a Good News

Tinggalkan Balasan

