Rendang Jadi Primadona Acara Minangkabau Week di Jepang

Para hadirin yang hadir pada acara resepsi pembukaan Sales Mission Pariwisata Indonesia dan Minangkabau Week di ASEAN Japan Center pada tanggal 6 Juli 2015 sangat menikmati sajian menu khas Sumatera Barat, terutama rendang, yang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.minang

Berbagai kalangan seperti diplomat, mahasiwa, profesional, media, penggerak jasa pariwisata turut hadir pada pembukaan acara tersebut dengan lantunan lagu Ayam Den Lapeh dan Bareh Solo yang dinyanyikan oleh Katsu dan Miho, pemusik Jepang yang aktif mempelajari budaya Sumatera Barat.028678800_1427197087-pencak_silatDuta Besar RI untuk Jepang, Dr. Yusron Ihza Mahendra sangat berbangga dan mengapresiasi acara promosi pariwisata dan budaya macam ini. Setelah bulan lalu sukses menggelar Papua Week, kali ini Indonesia menampilkan sisi lain dari wilayah barat yakni Sumatera Barat, khususnya Minangkabau yang terkenal dengan budaya warisan matrilineal.

rendangIndonesia itu tidak hanya Bali, yang pastinya sudah dikenal masyarakat Jepang, namun Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan wilayah yang kesemuanya memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri, ujar Dubes RI dalam sambutan pembukaannya kepada para hadirin yang sebagian besar orang Jepang. Oleh karena itu, saya mengundang untuk datanglah ke berbagai tempat di Indonesia dan lihatlah cantiknya Indonesia melalui berbagai tempat wisata, tandas Dubes Yusron dalam bahasa Jepang yang fasih.Pada kesempatan yang sama, Kepala Fungsi Penerangan KBRI Tokyo, Counsellor Ricky Suhendar menjelaskan bahwa Sales Mission Pariwisata Indonesia dan Minangkabau Week yang akan diadakan selama 5 hari, mulai tanggal 6 – 10 Juli 2015 merupakan sarana promosi business to business untuk menjembatani tour operator dari Indonesia dan calon pembeli di Jepang. Dengan diluncurkannya kebijakan bebas visa wisata untuk turis Jepang ke Indonesia diharapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia.rendng-uni-farah

Secara sinergi, dengan mengusung tema Minangkabau Week, pada minggu yang sama  akan ditampilkan ethnophotography karya fotografer sekaligus seniman dan budayawan yang mendalami budaya Minangkabau, yakni Edy Utama. Minangkabau Week dengan tema Discovering the World’s Largest Matrilineal Society in Indonesia akan mengulas budaya Sumatera Barat melalui deretan foto-foto indah hasil jepretan Edy Utama dan talk show, pertunjukan musik tradisional Minang, seminar pariwisata, serta kesempatan untuk berfoto dengan model pakaian Minangkabau.

Misi Kementerian Pariwisata RI ke Jepang yang diketuai oleh Direktur Promosi, Vicensius Jemadu dan Asosiasi Tour Travel Indonesia (ASITA) bekerjasama dengan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Jepang dengan dukungan KBRI Tokyo bahu membahu untuk semakin memperluas penetrasi pasar pariwisata Indonesia untuk konsumen di Jepang. Selama 2 hari selain pertunjukan budaya melalui tarian tradisional Indonesia, diadakan pula seminar serta table top meeting antara jasa operator wisata Indonesia dengan jasa operator dari Jepang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s