5 Produk Indonesia yang diakui Oleh Dunia.

Produk Indonesia yang Diakui Dunia adalah:

image

1. Kapal ‘Star 50’ produksi PT. PAL Negara kita adalah Negara kepulauan, jadi sudah semestinya bangsa Indonesia mahir membuat kapal. ‘Star 50’ adalah salah satu bukti kerja keras anak bangsa untuk muncul di kancah persaingan dunia. Kapal seberat 50.000 DWT (Dead Weight Tonnage) ini sudah diimpor oleh beberapa Negara seperti Jerman, Hongkong, dan Singapura. Kapal ini sepenuhnya adalah rancangan anak Indonesia dengan menggunakan 45% bahan asli lokal yang berkualias. Kapal produk Indonesia sepanjang 189,840 meter dan lebar 30,5 meter ini memiliki kecepatan maksimal mencapai 16,5 knot. Kita bisa mensejajarkan kapal ini dengan kapal-kapal buatan asing.

image

2. Kijang Innova produksi Toyota Indonesia Memang, Toyota bukanlah produk Indonesia asli, ia berasal dari Jepang. Perusahaan ini sudah lama mendirikan pabriknya di Indonesia dan salah satunya sudah melahirkan varian Kijang Innova. Mobil ini hampir 100% diproduksi dari Indonesia, hanya beberapa bagian kecil yang masih harus impor dari Jepang. Akan tetapi, desain, bahan baku, dan perakitnya semua dari Indonesia. Mobil ini juga popular di negeri ini. Namun, jangan heran kalau mobil yang sama juga ramai sekali menghiasi jalanan di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Ya, dengan melakukan banding harga, ternyata Toyota Indonesia berhasil mengekspor produk andalan Indonesia ini ke Negara kaya sekaliber UEA.

image

3. Tangga Menuju Pintu Pesawat (Airbridge) Industri pesawat terbang di Indonesia memang belum semaju Negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, Indonesia berhasil menciptakan akses alternatif bagi penumpang pesawat yang ingin menuju dan atau meninggalkan pesawat. Namanya adalah tangga belalai atau bahasa Inggrisnya Aircraft Passenger Boarding Bridge (Airbridge). Tangga ini pertama kali diproduksi oleh PT. Bukaka Teknik Utama, salah satu anak perusahaan milik wakil presiden Jusuf Kalla. Pabriknya sendiri berlokasi di desa Limusnunggal, Cileungsi, Bogor.

image

4. Knalpot Mercedes Benz dari Purbalingga Bagi anda pecinta kendaraan bermotor, mobil maupun motor, pasti tidak asing lagi dengan knalpot buatan Purbalingga. Ya, knalpot produk Indonesia buatan tangan-tangan kreatif dari satu kabupaten di Jawa Tengah ini memang sudah terkenal ke seantero negeri. Bahkan, merk mobil kenamaan asal Jerman, Mercedes Benz tak ragu untuk bekerja sama dengan produsen knalpot ini. Tak usah diragukan lagi kualitas dari knalpot asli buatan cah Purbalingga. Jika produsen mobil mewah sekelas Mercedes Benz saja mau bekerja sama, bagaimana anda bisa meragukan?

image

5. Seragam serdadu NATO buatan PT Sritex di Solo Kita tahu NATO adalah organisasi militer terbesar di dunia, dan mereka pesan seragamnya ke Solo. Bayangkan saja, ribuan prajurit penjaga Atlantik utara yang berasal dari sejumlah Negara Eropa, Amerika, dan Asia mengenakan seragam kebesaran yang diproduksi di suatu kota kecil, Sukoharjo, dekat Solo Jawa Tengah. Yang diproduksi oleh PT Sri  Rejeki Isman (Sritex) adalah seragam tempur, rompi, jaket, tenda, dll. Bukan Cuma NATO yang menggunakan seragam dari Indonesia, beberapa angkatan militer di negera dunia juga telah mempercayakan produksi seragamnya kepada buatan Indonesia. Negara itu antara lain Inggris, Jerman, Qatar, Swiss, Austria, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s