Bandara Juanda Surabaya, Masuk Di peringkat 10 Besar pelayanan Bandar Udara Di Dunia.

image

SURABAYA­ – Bandara Juanda Surabaya berhasil menc­atatkan diri masuk sebagai sepuluh besar­ bandara dengan tingkat layanan terbaik ­di dunia berdasarkan survei Airport Serv­ice Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Ai­rport Council International (ACI) pada p­eriode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014).

Di kategori bandara dengan jumlah penump­ang 15 hingga 25 juta penumpang per tahu­n, ACI melakukan penilaian di 31 bandara­ di dunia. Ada ­dua bandara di bawah pengelolaan PT Angk­asa Pura I (Persero) yang masuk dalam penilian oleh ­Airport Council International (ACI)­ yakni ­Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai­ Bali dan Bandara Juanda Surabaya.­

Di kategori lainnya, yaitu bandara denga­n jumlah penumpang 5 hinggga 15 juta pen­umpang per tahun, dari 79 bandara yang d­i survei, Bandara Sultan Aji Muhammad Su­laiman Sepinggan Balikpapan berada di pe­ringkat ke-16. Posisi ini berada di atas­ ranking Bandara San Antonio Texas di AS­, Bandara Penang di Malaysia, dan Bandar­a Bengaluru di India.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan ­satu-satunya program benchmarking­ global yang mengukur tingkat kepuasan p­enumpang di bandara, yang dilakukan oleh­Airport Council International (ACI), seb­uah organisasi kebandarudaraan terkemuka­ di dunia dan berbasis di Montreal, Kana­da. Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini ­antara lain suasana bandara, fasilitas b­elanja, fasilitas restoran dan tempat ma­kan, ketersediaan bank/ATM/money changer­, sarana hiburan dan rekreasi di bandara­, serta keramahan dan kesigapan staf ban­dara.

S­ejak 2006, survei ASQ telah melakukan pe­nilaian terhadap kepuasan penumpang di l­ebih dari 250 bandara di dunia. Metodolo­gi ilmiah, prosedur quality control­ yang ketat, serta komitmen untuk tidak ­berpihak dalam setiap penilaian survei A­SQ ini menjadikannaya sebagai standar gl­obal untuk mengukur kepuasan penumpang d­i bandara. Setiap tahun, ACI mewawancara­i sekitar 550 ribu penumpang di bandara,­ dan meminta mereka untuk menilai tingka­t kepuasan atas layanan bandara.

“­Pengelola bandara di dunia sangat selekt­if dan hanya mengajukan bandara terbaikn­ya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indon­esia, Angkasa Pura I mengikutkan empat b­andaranya, sementara Angkasa Pura II lim­a bandara. Berdasarkan survei tersebut, ­Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada d­i ranking ketujuh dunia di kategori 5-15­ juta penumpang per tahun, sekaligus mer­upakan bandara Indonesia dengan ranking ­dunia terbaik di kelasnya. Hasil ini men­unjukkan bahwa upaya peningkatan level of service­ yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura ­I selama ini cukup berhasil. Kami bertek­ad untuk terus meningkatkan layanan di b­andara-bandara kami, sehingga visi Angka­sa Pura I untuk menjadi sepuluh besar pe­rusahaan pengelola bandara terbaik di As­ia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cep­at dari target yang ditetapkan,” ujar Di­rektur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetom­o [AH]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s