Sekilas Tentang Stasiun Pasar Turi

Nama Pasarturi diperoleh karena dahulu di sekitar stasiun ini terdapat sebuah pasar yang kebanyakan pedagangnya adalah pedagang bunga turi yang biasa dijadikan ‘lalapan’ sambel pecel.

image
NX300 - Stasiun Pasar Turi

Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah stasiun kereta api di perbatasan antara Gundih, Bubutan, Surabaya dengan Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya.

Stasiun ini merupakan tempat keberangkatan utama semua kereta api dari kota Surabaya yang melewati jalur Pantura (Surabaya-Bojonegoro-Cepu-Semarang-Jakarta) antara lain;
KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya), KA Sembrani (Gambir-Surabaya), KA Gumarang (Jakarta-Surabaya), KA Harina (Bandung-Surabaya), KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya), Kereta api Surabaya-Lamongan (Lamongan-Surabaya), Kereta api Surabaya-Bojonegoro (Bojonegoro-Surabaya), Kereta api Surabaya-Babat (Babat-Surabaya) , KA Maharani (Surabaya-Semarang),dan KA Cepu Ekspres (Semarang-Cepu-Surabaya).

Sedangkan kereta api jalur selatan maupun timur dari kota Surabaya diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Gubeng.

Ke arah timur dari stasiun ini terdapat pusat grosir yang menjual aneka ragam barang. Di bawah pusat grosir inilah, jalur kereta api muncul sebelum melintasi Jalan Dupak.

Saat ini di stasiun ini tengah dilakukan peningkatan/upgrading perangkat sinyal dan wesel dari jenis mekanik ke elektrik buatan PT Len Industri Indonesia (Persero).

Sadur Dari Wikipedia.org
Photo by: @babahboim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s