Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa, Eksotisme Timur Indonesia

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang dua pulau eksotis ini. Selain letaknya yang jauh di Timur Indonesia, untuk menuju kesana kita harus menyeberangi laut dan pulau entah itu dengan pesawat atau kapal. Informasi mengenai dua pulau inipun mungkin masih terbatas. Tidak sebooming katakanlah misalnya Gili Trawangan di Lombok atau pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Ini adalah dua pulau yang akan memanjakan mata kita dengan hamparan pantai yang bening berpasir putih. Kalau anda hobby traveling ke pulau dan pantai maka dua pulau ini layak masuk dalam destinasi liburan anda. Apalagi bagi anda yang menyukai eksotisme pulau dan pantai khas Indonesia Timur. Dua pulau ini akan memenuhkan hasrat anda tersebut.

Dua pulau tersebut namanya Kenawa dan Kanawa. Mirip ya? Tapi jangan sampai salah. Sekilas namanya memang hampir mirip sehingga mungkin ada yang berpendapat hanya ada satu pulau, yakni Kanawa. Kenawa dan Kanawa adalah dua pulau yang berbeda. Satu terletak di Sumbawa sedangkan satunya lagi di Flores. Sepertinya Kanawa lebih dikenal oleh banyak orang dibandingkan Kenawa karena keberadaannya yang terletak di perlintasan salah satu destinasi wisata terkenal, yakni Pulau Komodo. Tapi kalau soal keindahan, Kenawa juga tidak kalah loh. Mari kita lihat sedikit tentang dua pulau cantik ini.

Pulau Kanawa
Kalau anda melakukan sailing ke Pulau Rinca dan Pulau Komodo di Flores, maka jika memungkinkan jangan lewatkan pulau satu ini. Saya berkunjung ke pulau ini sewaktu dalam perjalanan pulang dari Pulau Komodo menuju Labuan Bajo. Waktu itu dari Pulau Komodo saya dan tiga orang teman singgah di Karang Makassar lalu setelah itu menuju Pulau Kanawa. Jarak Pulau Kanawa dari Pulau Komodo berdasarkan catatan saya adalah sekitar kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan perahu/kapal. Kalau dari Labuan Bajo sekitar kurang lebih 1,5 jam perjalanan laut.

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau resort yang telah dikelola sedemikian rupa. Untuk berkunjung kesini pengelola Kanawa Resort menyediakan kapal antar jemput dari Labuan Bajo. Jadwalnya adalah jam 12.00 siang dari Labuan Bajo (per Agustus 2013). Sedangkan dari Kanawa ke Labuan Bajo jam 08.00 pagi (per Agustus 2013). Kantor Perwakilan Kanawa Resort dapat anda temukan persis di dekat gerbang Pelabuhan Labuan Bajo (sekitar kurang lebih 30-50 meter dari gerbang Pelabuhan Labuan Bajo).

Tarif untuk berkunjung dan menginap di Pulau Kanawa bervariasi sekitar Rp 150 – 500 ribuan. Pengelola menyediakan beberapa pilihan paket biaya dengan fasilitas yang berbeda pula tentunya. Penginapan di pulau ini misalnya ada yang berupa tenda yang tentunya harganya lebih murah dibandingkan jenis penginapan lainnya. Untuk paket menginap di tenda misalnya kita akan dikenai tarif sekitar kurang lebih Rp 150 ribuan permalam (per Agustus 2013) sudah termasuk biaya antar jemput kapal dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa dan sebaliknya. Jadi, bagi anda yang senang dengan jalan-jalan murah tidak perlu terlalu takut dengan image “resort” pulau ini. Anda dapat memilih penginapan berupa tenda. Untuk tarif terkini silahkan anda langsung menghubungi pihak Kanawa Resort.
image
Pulau Kanawa menawarkan eksotisme pantai, perbukitan, dunia bawah laut serta pemandangan laut yang menakjubkan dari atas bukit. Pantainya lumayan panjang dengan pasir putih dan bersih. Beberapa titik di depan pulau ini, di dekat dermaga, cukup dangkal sehingga sangat asyik digunakan untuk berenang.
image

Disini kita dapat menemukan berbagai jenis ikan yang cantik-cantik dan lucu-lucu. Tidak perlu jauh-jauh dari pinggir pantai kita dapat menemukan Nemo dan Pari!nBagi anda yang ingin menyaksikan pemandangan laut dari ketinggian anda dapat naik ke atas bukit yang terdapat di pulau ini.
image

Pulau Kenawa
image

Nah, ini dia pulau yang sering disangka sebagai Pulau Kanawa yang di Flores. Pulau Kenawa adalah salah satu dari pulau-pulau yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk mencapai pulau ini anda dapat menuju Lombok. Sesampainya di Lombok, pergilah ke Pelabuhan Kayangan Lombok. Waktu itu saya dan seorang teman naik Engkel (semacam angkot) dari Bertais, Lombok. Disini terdapat banyak feri yang menuju Pelabuhan Pototano di Sumbawa Barat. Lama perjalanan dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano kurang lebih 2-3 jam. Tarif ferinya tidak terlalu mahal, yakni Rp 18 ribu per orang (per April 2013).

Nah, sesampainya di Pelabuhan Pototano anda tinggal menyewa ojek menuju Dermaga Pulau Kenawa. Ojek bisa ditemui di dekat Pelabuhan Pototano. Tarifnya Rp 5 ribu (per april 2013) hingga ke Dermaga Pulau Kenawa. Sebenarnya saat berada di atas feri kita sudah dapat menyaksikan Pulau Kenawa di kejauhan. Letak Dermaga Pulau Kenawa tidak terlalu jauh kok dari Pelabuhan Pototano. Hanya sekitar 5 menit dengan menggunakan ojek dari Pelabuhan Pototano. Nah di Dermaga Kenawa anda tinggal menyewa perahu untuk menuju Pulau Kenawa. Lama perjalanan dari Dermaga Kenawa ke Pulau Kenawa adalah sekitar 30-45 menit saja.
Begitu sampai di depan Pulau Kenawa kita akan disuguhkan pemandangan pantai yang bening dengan pasir pantai yang putih dan bersih.
image

image

Cobalah naik ke atas bukit di pulau ini, maka anda akan menyaksikan pemandangan yang spektakuler. Anda akan menyaksikan betapa indahnya Sumbawa khususnya dan Indonesia umumnya. Saya bangga menjadi orang Indonesia!

Review dari Niko Tujuh Langit Di Situs ViewIndonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s