Seni kontemporer dituangkan didalam Hotel, seperti apa hasilnya ya..?


Dewasa ini seni kontemporer  menjadi topic hangat yang sampai saat ini belum usai di kalangan para seniman dan perupa apa itu seni kontemporer . faktanya pasar yang selama ini jadi tumpuan para perupa Indonesia agakya telah melirik lahan ini. Yakni para perupa kontemporer China yang kian menjanjikan keuntungan bagi kolektornya. Dari kolektor, galeri, bala lelang, sampai beberapa perupanya, bagai terkena sihir ini.

Jadi apa sih, yang sebenarnya dimaksud dengan seni kontemporer itu?

art1

Kita rujuk dari Kamus Besar Indonesia, Kontemporer  yaitu pada waktu yang sama; semasa; pada masa kini atau dewasa ini. Dari pengertian yang lain seni kontemporer secara mendasar adalah sesuatu yang indah dan dapat diapresiasi oleh setiap orang yang melihat, mendengar, merasakan, dan melakukannya yang bersifat kekinian dan lepas dari tradisi modernisasi barat (renaissance). Seni kontemporer itu sendiri sebenarnya muncul dari semangat untuk meninggakan seni dan peradaban lama dan lebih bersifat kekinian. Menurut Yasraf Amir Piliang salah seorang pemerhati seni, menyebutkan bahwa pengertian seni kontemporer adalah seni yang dibuat lebih kepada masa kini atau bersifat modern.

Seni kontemporer focus pada kekinian.
Sebenarnya pengertian seni kontemporer  bila dilihat dari etimolodi atau sejarah katanya terdiri dari dua kata co dan tempo. Dimana co  bermakna bersama bersama dan tempo artinya waktu. Maka secara harfiah kata maka dapat dinyatakan sebagai seni yang berjalan sebagai refleksi waktu yang sedaang dilakoni.

Seni Kontemporer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasi dan digunakan sebagai istilah umum sejak istilah Contemporary Art berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak Perang Dunia II. Istilah ini berkembang di Indonesia seiring makin beragamnya teknik dan medium yang digunakan untuk memproduksi suatu karya seni, juga karena telah terjadi suatu percampuran antara praktek dari disiplin yang berbeda, pilihan artistik, dan pilihan presentasi karya yang tidak terikat batas-batas ruang dan waktuart9

Ada bebrapa hal penting mengenai seni kontemporer. Hal-hal penting dalam seni kontemporer itu adalah adanya kebebasan yang tetap tak meninggalkan aturan dalam berkarya kreatif seni, kontekstual, serta ruang dan waktu. Kebebasan itu menghadirkan karya-karya seni yang tak membatasi media, teknik, bahkan gaya. Kontekstual mengaitkan kelahiran dan penyajiann karya-karya seni pad makna dan situssi tertentu yng melatari atau menjadi pertimbangan seniman. Ruang dan waktu merupakan bingkai yang turut mempengaruhi senniman dan karya seninya bak dalam hal proses, wujud, maupun penyajian.

Namun demikian, ada satu nilai tambah bahwa karya seni tidak berhenti pada wujud karya, tetapi juga melibatkan cara memajangnya. Seperti halnya dalam seni pertunjukan yang dinyatakn usai bukan pada saat seni itu dipentaskan, tetapi pada saat pementasan itu usai. Di sini, peran serta ruang dan waktu, juga pengunjung/penonton turut mempengaruhi kehadiran karya seni.

art2

Dari paparan diatas seni adalah sebagai bagian dari kehidupan tak pernah lepas dari lingkungannya. seperti Sebuah hotel butik yang benar-benar unik yang terletak di pusat kota Surabaya, ARTOTEL Surabaya memberikan sebuah kategori baru di industri perhotelan melalui perpaduan efisiensi, kesederhanaan, kreativitas & Pengalaman Seni, bagi wisatawan bisnis dengan gaya hidup kontemporer yang anggun.

ARTOTEL Surabaya adalah sebuah hotel butik perkotaan terinspirasi seni. Menampilkan desain asli oleh seniman berbakat muda kontemporer Indonesia, ARTOTEL Surabaya menawarkan sentuhan segar untuk setiap kunjungan. Terletak di kawasan bergengsi, daerah warisan Surabaya menawarkan 106 kamar dengan 4 campuran kamar yang berbeda dengan tema desain interior yang artistik yang mewakili Seni Indonesia modern.

ARTOTEL Surabaya bekerja sama dengan beberapa galeri dalam kemitraan untuk menampilkan seniman kontemporer yang dipilih. Layanan ini adalah layanan pekerjaan pro-bono dengan tujuan untuk menyoroti menarik seniman untuk kepentingan masyarakat dan tamu kami. Akhiri hari sibuk Anda dengan memiliki nan lezat di Restoran Art kontemporer (RoCA).

Dan banyak pengalaman menarik yang akan anda rasakan bila anda coba untuk bermalam di hotel ini.

sajian makanan di hotel ini bisa anda rasakan kelezatannya sambil bersantai menikmati ornament – ornament seni yang terletak di tiap disudut hotel ini.

art5art3 art4 art6art7art8

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.