“Surabaya Heritage Walk” #FNStreetHunting #SuSH2014

Pertama – tama saya ucapkan terima kasih buat Fotografer.net dan koordinator #FNStreetHunting surabaya Bapak Rachmad Yuliantono yang sudah membantu acara ini terselenggara.

IMG_3907.JPG
Sebanyak 140 Fotografer Surabaya yang tergabung dari berbagai komunitas foto, dari anak kecil hingga dewasa ikut menyukseskan #FNStreetHunting yang diadakan oleh @FotograferNet serentak di 79 Kota di Indonesia. Pada hari minggu 02 Oktober 2014.

untuk disurabaya #FNStreetHunting kali ini memilih Tema

“Surabaya Heritage Walk”

Hal ini untuk mengingatkan kepada peserta yang terdiri dari para fotografer pemula hingga fotografer Professional akan Sejarah yang ada dikota surabaya, selain itu menjadi tantangan buat para peserta #FNStreetHunting dalam mengambil gambar.

Ternyata kegiatan ini juga bisa saling berbagi ilmu tentang Fotografi, teman-teman fotografer professional tidak sungkan-sungan memberikan ilmunya kepada rekan-rekan fotografer pemula.

Diacara #FNStreetHunting yang diselenggarakan oleh @FotograferNet tidak memberikan batas buat rekan-rekan yang mencintai dunia fotografi namun mereka yang belum memiliki kamera DSLR atau kamera mirrorless, masih bisa ikutan, karena untuk sekelas kamera Handphone dan kamera Pocket pun boleh berpatisipasi didalam acara ini.

Pokoknya yang kemarin tidak ikut gabung diacara #FNStreetHunting di Surabaya ini boleh dikatakan “Anda Pasti Menyesal”, Kenapa..? Karena tempat yang dikunjungi adalah tempat yang menarik, selain bisa ambil gambarnya juga mendapatkan info tentang sejarahnya.

Peserta kumpul jam 06.00 pagi di halaman Parkir Bank Mandiri Jembatan Merah, tepat jam 07.00 pagi peserta mulai bergerak ke lokasi yg dituju, Berikut tempat yang dikunjungi oleh para peserta #FNStreetHunting di Surabaya;

IMG_3814.JPG

1. Menara Syahbandar
Menara yg terletak dekat Jembatan Merah ini, dulu sebagai pengawas lalu lintas Kapal di sungai Kalimas. Dan dimenara ini terdapat logo kota Surabaya saat jaman Belanda, yg tentunya berbeda dengan Logo yg kita kenal saat ini.

2. Jembatan Merah
Jembatan ini menjadi saksi pertempuran rakyat surabaya dan sekutu. Konon cerita, banyak pejuang yang tertembak disekitar jembatan ini, darah mengalir ke sungai membuat air sungai berwarna merah.

3. Gedung Internatio
Gedung ini dibangun tahun 1927, dan pernah dipakai sebagai markas tentara sekutu, gedung ini menjadi saksi bisu tewasnya Brigjen Mallaby pada akhir Oktober’45, yang pembunuhnya sampai saat ini juga tidak diketahui, dan pembunuhan Mallaby itulah yg menyulut terjadinya pertempuran 10 November 1945.

4. Museum Bank Indonesia
Dulu bernama “de Javasche Bank”, bangunan yang dibuat tahun 1828. Dan Bank inilah yang mencetak uang “Setengah Roepiah” pada tahun 1948 sebelum Bank Indonesia cabang Surabaya menempatinya pada tahun 1953 sampai dengan tahun 1973 yg akhirnya sekarang pindah disamping Tugu Pahlawan.

5. Bungker Perang Rajawali
Bungker perang dengan tebal tembok 60 cm ini masih kokoh dan utuh dan saat ini dihuni oleh seorang warga LCVRI, bungker ini tidak terlihat seperti bungker karena secara bentuk mengikuti seperti rumah disekitarnya.

6. Hotel Ibis
Bangunan Hotel Ibis Surabaya dulunya dipakai sebagai kantor pusat administrasi perkebunan pada jaman belanda. Salah satu bangunan cagar budaya peninggalan kolonial ini yang masih terawat.

7. Pabrik Sirup “Siropen”
Pabrik sirup tertua di Surabaya, didirikan pada tahun 1923, sampai sekarang masih beroperasi, dan pastinya rasa sirup ini mempunyai cita rasa yang tinggi tidak kalah dengan sirup buatan jaman sekarang, dan harganya juga cukup terjangkau.

Dan ada 1(satu) lagi tempat yang dikunjungi oleh peserta #FNStreetHunting Surabaya, yaitu;

8. Gedung Singa
Gedung ini didirikan pada tahun 1901 dan dulunya ditempati sebagai kantor perusahaan Asuransi pada jaman Belanda. Didepan gedung ini terdapat 2 Patung Singa tepat di Gerbang depannya. Sehingga gedung ini dijuluki “Gedung Singa.”

Didalam perjalan dari satu tempat ke tempat lainnya, banyak obyek foto yang bisa diabadikan oleh teman-teman Fotografer. Hal ini yang membuat semangat dan antusias teman-teman fotografer untuk mengikuti rangkaian acaranya dari awal hingga akhir.

Demikian cerita tentang aktifitas #FNStreetHunting di kota Surabaya, dan buat kalian yang minat untuk mengikuti acara ini & untuk lihat foto-fotonya bisa lihat di http://www.fotografer.net atau follow twitternya @fotografernet dan cari Hastagnya #FNStreetHunting #SuSH2014.

Dan tidak lupa buat teman-teman yang telah berpartisipasi di acara #FNStreetHunting #SuSH2014 untuk mengupload foto-fotonya, dilink yang sudah ada di fotografer.net

Sampai ketemu di acara berikutnya.
Salam saya,

@babahboim

“Biar Foto Yang Berbicara”

IMG_3892.JPG

IMG_3866.JPG

IMG_3870.JPG

IMG_3869.JPG

#FNStreetHunting #SuSH2014 #SurabayaHeritageWalk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s