Aku dan Batikku

Sedikit cerita tentang diriku dan Kemeja #batik yg aku kenakan, dulu ditahun 1993 dimasa aku duduk di bangku Sekolah Menengah tingkat Atas ( SMA ) di Jakarta, setiap hari Jum’at sudah menjadi kewajiban untuk memakai seragam #batik yg sudah diberikan oleh pihak sekolah. Dan kebiasaan itu selalu terbawa oleh diriku sampai aku kuliah untuk selalu menggunakan seragam #batik di hari jum’at

IMG_3541-0.JPG
Dan semasa aku kuliah setiap hari jum’at aku menjadi terbiasa menggunakan kemeja #batik, namun hal ini menjadi bahan ejekkan teman2 semasa kuliah, disindir oleh teman dengan sindiran ” mau kondangan dimana mas..? Atau dengan ejekan “Loe mau ngajar ya..? Dan juga ada yg memanggil “selamat siang pak lurah… (Sambil ditertawakan).
hal itu tidak pernah aku gubris krn aku menggunakan #Batik krn sdh menjadi kebiasaan dan #batik adalah karya anak bangsa yg memang hrs dilestarikan.
hal ini tetap aku lakukan sampai aku masuk didunia kerja, dan ejekan2 itu juga terjadi ditempat aku kerja. Rekan2 kerjaku awalnya sering mengejek-ejek setiap hari jum’at dan pastinya krn aku menggunakan kemeja #batik dengan celana Jeans dan sepatu kats…
Banyak diantara mereka mengejek dengan mengatakan ” pakai kemeja #batik koq pakai celana jeans sie- salah kostum loe.. ( dengan puasnya mereka mengejek sambil menertawai diriku ) tetap hal itu tidak aku gubris.. Sekali lagi aku bangga dengan apa yg aku kenakan.
Akhirnya disaat #batik menjadi ketetapan yg diusulkan oleh pemerintah untuk menjadi pakaian wajib di hari Jum’at untuk pegawai negeri dan swasta. Aku merasa gembira, krn ejekan yg selama ini aku terima menjadi hilang dan tidak ada lagi yg mengejek.. Dan teman-teman dikantor yg awalnya enggan menggunakan #Batik akhirnya perlahan-lahan mengenakan kemeja #Batik dan juga mengenakan celana jeans dan sepatu kats… Ditambah banyaknya designer yg akhirnya menggunakan #Batik sebagai Design baju2 terbaru mereka, dan #Batik menjadi pakaian yg bukan aneh lagi bila dipakai untuk kegiatan sehari-hari, ini membuat aku lebih bangga krn selama ini perjuangan aku dlm mengenakan kemeja #Batik tidak sia-sia. Dan setiap hari jum’at begitu banyak orang2 dinegeri ini yg menggenakan #Batik.. Dan hal ini membuat aku cinta akan #Batik, sampai-sampai setelah aku pindah ke Surabaya aku sempatkan untuk belajar mem-batik saat ada workshop #Batik yg diajarkan oleh mas Leo gumati disalah satu sperpustakaan di surabaya. Dan tidak disengaja karya hasil batikku dinobatkan sebagai karya terbaik diantara teman2 yg ikut dikelas batik itu.
Dan aku sadar mengapa #Batik karya anak bangsa ini hrs dihargai, krn proses dlm membatik itu tidak mudah dan cukup rumit, krn dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan benar2 harus ulet biar menghasilkan #batik yg bagus.
Dalam perjalanan ini mengajari diriku, segala apa yg kita banggakan dan terus diperjuangkan hasilnya akan membuat kita akan bangga dan gembira, jangan pernah malu dan takut untuk menjalankan apa yg benar menurut kita, krn kebenaran itu akan terlihat hasilnya tanpa harus kita membenarkan apa yg kita anggap benar. So semoga pengalaman diriku ini bisa menjadi inspirasi teman-teman. #SemogaBermanfaat

Tinggalkan Balasan

