Siapa Bilang bangun Brand harus pakai Iklan..?

Berikut kutipan yang bisa dirangkum dari Bp. Subiakto yg sudah karatan didunia Branding

Image

  1. Your personal brand should represent the Value, you are able to consistently deliver to those whom you are serving – “Glenn Liopis”
  2. VALUE seseorang bisa diambil dari kompetensi atau bakat yang ada pada dirinya yg saya sebut Sebagai Brang DNA
  3. Bila tidak punya kompetensi/bakat, Value bisa juga dilekatkan pada diri seseorang meskipun tdk ada hubungannya AddValue
  4. BRANDING itu butuh Positioning meski ada beberapa definisi bagi saya Positioning adalah being the First. The First in Category
  5. If you can’t be the first in category, you always can be the first in new category Where you can create one.
  6. Ingat definisi Positioning menciptakan kesan yang berbeda dalam pikiran public. Unik dan pertama.
  7. Positioning adalah jendela baru dalam pemikiran untuk mempengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat tanpa disadarinya ini manipulasi.
  8. Positioning yang tepat akan membuat kita keluar dari Red Ocean dan masuk ke Blue Ocean. **Lautan yg merah krn darah ikan Hiu yg saling makan krn sdh tdk ada makanan lagi.
  9. Meskipun anda punya kompetensi yang kuat namun bukan the first in category maka anda memasuki arena Red Ocean.
  10. Dalam hal ini anda perlu Added Value agar masuk persaingan Monopolitistic, yakni the First in the New Category.
  11. Sederhananya AddedValue yg menciptakan kategori baru itu cukup menambahkan kata YANG
  12. Misalnya Bakso (yang) segede bola tenis, atau bakso (yang) segede kelapa Menciptakan kategori baru dengan memanipulasi Bakso.
  13. Yang perlu diingat, ciptakan kategori baru yg sulit diikuti pesaing. Sehingga anda bisa memonopoli Blue Ocean dalam masa yang lama.
  14. Paling hebat kategori baru bersifat PARADOX.misalnya di pasar permen rasa kopi, anda ciptakan kategori kopi berbentuk permen.
  15. Dipasar yang dipenuhi Capres Jaim anda ciptakan kategori baru yaitu Capres merakyat. Ini manipulasi, tapi itulah Personal Branding.

*Brand itu gak harus berhubungan dengan Target Market. Bisa juga Target Publik*

Dalam Kategori ini anda harus memenui 3 syarat yaitu:
Unik
Relevan
Meaningfull

 

  • Unik – Memastikan bahwa anda The First in the New Category.
  • Relevan –Sesuai dengan yang dibutuhkan atau diinginkan oleh public saat ini. Mematahkan teori bahwa branding butuh waktu minimal 5 tahun.
  • Meaningfull – Menciptakan makna baru yang membuat kategori lama kehilangan makna. Shifting the new rules of competitions.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s